Penyakit Kronis Jadi Pembunuh Utama

April 27, 2011


Penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker dan diabetes, merupakan penyakit yang menjadi pembunuh utama di dunia sekarang ini, menurut badan kesehatan dunia (WHO).
Dalam laporan The Global Status disebutkan penyakit tidak menular telah menyebabkan 36 juta kematian secara global di tahun 2008. Sekitar 80 persen kematian tersebut terjadi di negara miskin dan berkembang.
Dalam laporan tersebut juga dinyatakan penyakit tidak menular kini menjadi menjadi ancaman utama kesehatan mengalahkan penyakit menular seperti malaria, tuberkulosis dan HIV.
"Penyakit tidak menular kini menjadi tantangan terbesar. Untuk beberapa negara tidak berlebihan jika situasi ini adalah sebuah bencana untuk kesehatan, sosial dan terutama ekonomi negara," kata Dr.Margaret Chan, direktur WHO.
Ia menambahkan, penyakit tidak menular memberikan pukulan yang sangat telak pada program pembangunan. "Hal ini menghabiskan pendapatan nasional hingga miliaran dolar dan membuat orang makin terdorong ke dalam kemiskinan," katanya.
WHO juga menjelaskan sebenarnya penyakit tidak menular bisa dicegah bila pejabat pemerintahan mau menerapkan kebijakan untuk mengampanyekan pola makan sehat dan memperketat aturan mengenai pemasaran tembakau.klik disini!!info lebih lanjut

sumber :http://health.kompas.com/index.php/read/2011/04/27/17074154/Penyakit.Kronis.Jadi.Pembunuh.Utama
Previous
Next Post »
0 Komentar