Cara Buat Software yang Mudah Dipraktekkan

February 12, 2011
Bagi Anda yang berkecimpung di dunia teknologi informasi dan berprofesi sebagai seorang sistem analis atau programmer, cara buat software sudah menjadi santapan sehari-hari. Tentu cara pembuatan suatu software sudah berada di luar kepala. Namun bagi Anda yang akan mulai mencoba membuat program, ada hal-hal yang harus Anda persiapkan dan lakukan.
Bahasa Pemrograman
Untuk belajar cara buat software, hal pertama yang harus Anda ketahui dan kuasai adalah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah software yang akan digunakan untuk menghasilkan software lain. Ada banyak bahasa pemrograman yang berkembang hingga saat ini.
Jika dulu bahasa Basic, Cobol, bahasa C dan Fortran adalah beberapabahasa pemrograman yang cukup terkenal, saat ini bahasa tersebut sudah jarang digunakan lagi. Saat ini bahasa yang sedang ramai digunakan dalam membuat software adalah bahasa Java, Dot Net dan PHP. Setiap bahasa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semua tergantung kebiasaan programmer yang menggunakannya.
Untuk memahami salah satu bahasa pemrograman, yang harus Anda lakukan adalah membaca dan mencoba. Ada banyak artikel dan tutorial berbagai bahasa pemrograman di internet. Setelah Anda membaca tutorial tersebut, mencoba adalah hal yang wajib Anda lakukan. Dengan mencoba, Anda akan semakin mahir di dalam menggunakan bahasa pemrograman tersebut.
Memahami Siklus SDLC
Langkah berikut untuk mengetahui cara buat software adalah pemahaman akan siklus SDLC. SDLC merupakan kependekan dari System Development Life Cycle, adalah proses yang harus dilalui saat membuat suatu sistem atau software. Berbagai tahapan tersebut harus berjalan secara terstruktur langkah demi langkah untuk menghasilkan suatu software yang baik.
SDLC terdiri dari beberapa proses, yaitu analisa, desain, implementasi dan testing. Analisa adalah proses untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang kebutuhan yang akan dipenuhi oleh software yang akan dibuat. Setelah informasi diperoleh dari analisa, langkah berikut adalah membuat desain software yang akan dibuat. Desain ini akan menjadi dasar proses implementasi pembuatan software yang disebut proses programming.
Setelah proses programming berlangsung, software akan jadi. Sotfware yang sudah dibuat ini akan diuji (proses testing) untuk memastikan bahwa software dapat berjalan dengan baik dalam memenuhi kebutuhan awal saat desain. Jika ada hal yang harus diubah atau diperbaiki, maka proses pembuatan software akan masuk lagi ke tahap awal. Inilah yang disebut sebagai sebuah siklus.
Untuk mempraktekkan semua siklus ini, dibutuhkan latihan yang keras. Tiap proses memiliki tahapannya masing-masing yang harus dikuasai dengan baik. Namun demikian, Anda bisa mulai cara buat software ini dari yang paling mudah dahulu, yaitu belajar bahasa pemrograman dan latihan membuat program-program kecil.
Previous
Next Post »
0 Komentar