Taman Adipura Kota Sumenep Madura Mirip Simbol Yahudi

November 30, 2010
Hiasan di seputaran Taman Adipura kota Sumenep, Madura, Jawa Timur, diprotes warga. Dinilai, hiasan itu mirip lambang pada bendera Israel yang merupakan lambang kaum Yahudi.
"Saya temukan pengecatan hiasan lantai taman kota itu mirip lambang kaum Yahudi. Yakni, bintang segi enam yang sering disebut bintang david," ungkap Ketua DPD Partai Keadilan Sejehtera (PKS) Kabupaten Sumenep, Ach. Ready, Kamis.
Menurut Ready, disengaja atau tidak dalam pengecatan
lantai taman Adipura tersebut, lambat laun akan mengundang protes besar dari umat Islam di Kabupaten Sumenep. Karena, bintang segi enam dan mirip bendera Israel itu sangat sensitif bagi umat Islam.
Oleh karenanya, ia meminta Pemkab Sumenep melakukan pengecatan ulang, sebelum ada protes besar dari umat Islam.
Ia juga mengaku heran, ketika pemerintah tidak melakukan hubungan diplomatik dengan Israel, kenapa pemerintah daerah masih menempatkan lambang kaum Yahudi ?. Itupun ditempatkan ditaman kota Adipura, yang didepannya terdapat Masjid Agung Sumenep dan menjadi taman rekreasi warga kota.
"Jadi, tolong Pemkab segera bertindak, sebelum ada reaksi keras dari masyarakat," tegasnya.
Sementara Kasi Pertamanan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Sumenep, Ary Mulyono, mengemukakan, pengecatan lantai taman kota diserahkan sepenuhnya kepada rekanan.
Artinya, pihak dinas menyerahkan penuh kepada rekanan dengan catatan bisa kelihatan asri dan sejuk bila dipandang. Bahkan, dinas juga tidak mengerti jika pengecatan lantai dengan segi tiga enam itu mirip lambang Yahudi.
"Tidak ada unsur kesengajaan dan dinas juga tidak mengerti jika hiasan segi enam itu, mirip lambang Yahudi," dalihnya.
Ia juga mengaku, bersyukur dan berterima kasih terhadap koreksi masyarakat, dan akan diusahakan ada pengecatan ulang.
"Proyek taman Adipura itu masih dalam pemeliharaan pihak rekanan. Jadi, dinas tinggal berkoordinasi biar bentuk pengecatannya di rubah model lain," tuturnya. (*/rsd)
Previous
Next Post »
0 Komentar