POTENSI GULA SIWALAN DESA BUNPENANG PERLU TERUS DIKEMBANGKAN

November 20, 2010
Banyaknya potensi yang ada di Desa Bunpenang Kecamatan Dungkek, perlu terus dikembangkan, sehingga diharapkan mampu meningkatkan tarap hidup masyarakat. Salah satunya potensi gula siwalan, yang sejak lama menjadi komoditas usaha ekonomi produktif di Desa Bunpenang.

Kepala Desa Bunpenang, H. Moh. Iksan mengungkapkan, dari potensi yang dimiliki Desanya, seperti gula siwalan itu diharapkan tidak hanya berkutat pada produksi gula siwalan. Namun, bisa dikembangkan dengan bentuk produk lainnya yang bisa menembus pasar, baik dalam negeri bahkan hingga luar negeri.

“Karena itu, dengan potensi yang ada perlu pembinaan dan perhatian dari instansi terkait, sehingga bisa mengembangkan dalam bentuk usaha bersama yang produktif,”tegasnya.

Saat ini, para pengusaha maupun pengrajin gula siwalan di Desanya sudah banyak yang membentuk kelompok usaha dan pengrajin gula siwalan. Bahkan,
dari hasil produksi masing-masing kelompok usaha bisa menghasilkan 30-50 kilogram setiap harinya.


Sementara, biasanya masing-masing kelompok usaha sudah memiliki langganan pembeli, serta tidak sedikit yang memesan dalam bentuk paket. Karena tidak sedikit yang langsung dikirim ke Jawa Tengah, Jawa Barat dan sebagainya.

Para pembeli dalam bentuk besar biasanya sudah melakukan pemesanan sebelumnya. Sedangkan untuk pedagang kecil yang biasa dijual kembali ke beberapa warung dan toko di Sumenep, hampir setiap hari mereka kolakan. Produksi gula siwalan memang tidak selamanya selalu produksi.

“Sebab, pada musim hujan, biasanya air siwalan sulit didapat, sehingga produksinya pun tidak sebanyak pada musim kemarau,”pungkasnya. ( Ren, Esha )
Previous
Next Post »
0 Komentar