Mengatasi Krisis Percaya Diri

April 02, 2011
Menjadi pribadi yang memiliki krisis percaya diri memang tidak enak. Pertama kita sering korban perasaan sendiri. Omongan orang lain sering kali dirasakan merendahkan diri kita. Saat kita berbicara tetapi tidak ditanggapi merasa dilecehkan. Mudah tersinggung. Bahkan ada yang sibuk untuk terus menerus menjelekkan orang lain yang dianggap saingan.
Yang kedua, masalah krisis percaya diri bisa menjadikan kita memiliki ketakutan yang luar biasa. Ketakutan ini akan menyebabkan kita tidak mau mengambil tindakan yang beresiko. Bahkan sekecil apa pun resiko itu. Akibatnya, akan kehilangan banyak peluang.
Apa yang menyebabkan kiris percaya diri?

Lingkungan Mungkin Mempengaruhi

Tidak dipungkiri, sikap orang-orang yang ada di lingkungan kita bisa mempengaruhi kepercayaan diri kita. Sering kali, orang-orang di sekitar kita menyikapi kegagalan atau kekurangan kita dengan cara yang tidak baik. Misalnya mengejek kegagalan kita, membicarakan kekurangan kita di depan orang lain, atau membesar-besarkan kekurangan atau kegagalan kita. Hal seperti ini mungkin terjadi karena sikap masyarakat terhadap kegagalan dan kekurangan masih perlu diperbaiki.

Penyebab Utama Adalah Diri Sendiri

Meski pun lingkungan bisa menyebabkan kita mengalami krisis percaya diri, namun sesungguhnya penyebab utamanya itu adalah diri sendiri. Kuncinya ialah bagaimana Anda menyikapi lingkungan Anda. Jika Anda “termakan” oleh omongan lingkungan, maka Anda akan rendah diri. Namun jika Anda “merdeka” maka apa pun yang dikatakan oleh lingkungan Anda tidak akan pernah mempengaruhi diri Anda.
Anda mungkin salah, tetapi bukan berarti Anda orang yang selalu salah. Kesalahan bisa diperbaiki. Begitu juga dengan kegagalan. Anda mungkin pernah gagal, tetapi bukan berarti Anda adalah orang gagal. Anda hanya pernah gagal. Dan kita tahu, semua orang pernah salah dan semua orang pernah gagal. Termasuk manusia terbaik sepanjang masa, Nabi Muhammad saw. Beliau pernah salah dan pernah gagal. Itu adalah manusiawi. Kenapa harus merasa rendah diri?

Opini dan Fakta

Saat ada yang mengatakan bahwa Anda tidak becus, baik itu datang dari diri sendiri maupun dari orang lain, percayalah bahwa itu hanya opini. Anda gagal adalah fakta, tetapi Anda disebut orang yang payah, itu adalah opini. Dan, jangan lupakan dengan satu fakta lagi, bahwa manusia diciptakan dengan potensi yang sama. Allah tidak pernah membeda-bedakan tugas dan perintah kepada manusia, sebab potensi manusia itu sama dahsyatnya.

Jadilah Diri Yang Merdeka

Artinya merdeka dari opini negatif baik dari diri sendiri maupun dari orang lain. Coba tonton video ketiga The Confidence Secret, saya menjelaskan lebih jauh tentang menjadi merdeka di video ini.

Anda Itu Hebat

Cobalah Anda renungkan. Apa keberhasilan yang pernah Anda raih? Apa kemampuan yang Anda miliki yang tidak dimiliki oleh orang lain. Saya yakin, Anda memilikinya.
Bisa saja, Anda tidak hebat di satu bidang, tetapi Anda hebat di bidang lain. Begitu juga dengan orang lain. Sebab pada dasarnya semua manusia memiliki tingkat yang sama.
Atau Anda pun bisa menciptakan pengalaman hebat yang baru. Pilihlah sebuah tantangan, dan taklukan tantangan tersebut. Percaya diri bisa bangkit setelah Anda mampu menaklukan tantangan. Tentang hal ini sudah saya bahas juga di video kelima The Confidence Secret.
Previous
Next Post »
0 Komentar